SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS-WAJIB
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI
4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru
dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Teks lisan
dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya
Fungsi Sosial
·
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman, dan orang lain
·
Terbiasa menggunakan ungkapan memberi
saran dan tawaran dan meresponnya
Ungkapan
Saran dan tawaran:
Why don’t you…
What
about …?
You
should …
You
can ….
Do
you need ….?
Unsur kebahasaan
(1)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(2)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli,
kerjasama, dan proaktif
|
Mengamati
·
Siswa
menyimak/ mendengarkan ungkapan memberi
saran dan tawaran dan responnya dengan
(ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan) yang tepat, serta sikap santun
dan peduli.
· Siswa mencoba menirukan
pengucapannya dan menuliskan ungkapan yang digunakan.
·
Siswa belajar mengambil giliran dalam
melakukan tindak komunikasi
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan pertanyaan pengarah
dari guru, siswa mempertanyakan:
-
Fungsi sosial
-
Ungkapan yang digunakan untuk memberi saran dan tawaran
-
Penggunaan
unsur kebahasaan dari tindakan komunikatif memberi saran dan tawaran dan responnya.
Mengeksplorasi
· Siswa secara mandiri mencari pengetahuan tambahan
tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam ungkapan memberi dan dan tawaran dan meresponnya
· Siswa berlatih menggunakan
ungkapan tersebut
· Siswa berlatih mengambil
giliran dan menggunakan kesantunan dalam berkomunikasi
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis
ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima
saran dan tawaran dengan mengelompokannya
berdasarkan penggunaan.
· Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan
ungkapan memberi saran dan tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan dengan
berbagai ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan
teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja
kelompok.
·
Siswa
membandingkan cara mengambil giliran dan merespon dengan yang diperoleh dari
sumber lain
Mengkomunikasikan
· Siswa bermain peran memberi saran dan tawaran serta responnya
·
Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
memberi saran dan tawaran dalam konteks komunikasi yang wajar di
dalam dan di luar kelas,dalam bentuk percakapan/simulasi dengan memperhatikanfungsi sosial,
ungkapan, dan unsur kebahasaan serta strategi yang benar dan sesuai dengan
konteks.
· Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian
fungsi sosial memberi
saran dan tawaran dan responnya
· Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks memberi saran dan tawaran dan responnya
· Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang memberi saran dan tawaran dan responnya .
· Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam memberi saran
dan tawaran serta responnya
Pengamatan (observations):
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk memberi
saran dan tawaran dan responnya ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam
melaksanakan komunikasi
|
2 x 2jp
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International
2.2. Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untuk
menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Fungsi Sosial
·
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman, dan orang lain
Ungkapan
menyatakan
pendapat/pikiran
I think …
I suppose...
In my opinion …
Unsur Kebahasaan
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi menyatakan pendapat dan
pikiran serta responnya
· Siswa mengikuti interaksi menyatakan pendapat dan pikiran
· Siswa menirukan model interaksi menyatakan pendapat dan pikiran
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan pendapat dan
pikiran (fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan berbagai ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan
pendapat dan pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dipelajari
dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara
ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan pikiran dan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
· Siswa menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran dalam jurnal belajar (learning
journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian
fungsi social ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
· Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan
pertanyaan tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
· Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Pengamatan (observations):
·
Upaya menggunakan
bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pendapat atau pikiran ketika
muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam
melaksanakan komunikasi
· Berperilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
|
2 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International
2.1.Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.3 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan harapan dan doa, bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan harapan dan doa serta responnya
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan:
harapan dan doa
-
I hope …
- I
wish you all the best. Thank you.
Unsur kebahasaan:
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi ungkapan harapan
dan doa
· Siswa mengikuti interaksi harapan dan doa
· Siswa menirukan model interaksi harapan dan doa
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi
ciri-ciri interaksi harapan dan doa. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan harapan dan doa dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan harapan dan doa
dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan
ungkapan harapan dan doa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai
sumber lain.
· Siswa membandingkan antara
ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan harapan
dan doa dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan
permasalahan penggunaan ungkapan harapan dan doa dalam bahasa Inggris dalam
jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian
fungsi social ungkapan menyatakan harapan dan doa
· Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks ungkapan
menyatakan harapan dan doa bersayap
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan
pertanyaan tentang ungkapan menyatakan harapan dan doa
bersayap
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan harapan dan doa
serta responnya.
Pengamatan (observations):
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan harapan dan doa
ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam
melaksanakan komunikasi
|
2 x 2
JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkankan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.4 Menangkap
makna teks undangan resmi.
4.5 Menyunting undangan resmi dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk undangan resmi
sederhana
Fungsi Sosial
Menjagahubungan
transaksional dengan orang lain
Struktur
Salutation
- Will/ Couid you come with me to the exhibition?
-
Is it possible for you to attend my birthday partyr?
Closing
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata dan tata
bahasa baku
(2)
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)
Layout
(5)
Rujukan kata
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara
resmi dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi
rinci
· Siswa
membacakan contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi,
tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Siswa menyalin contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan
aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan
pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan;
struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi.
·
Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dalam mengundang secara resmi.
Mengeksplorasi
·
Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh
undangan yang lain dari berbagai
sumber
·
Siswa
Mengasosiasi
· Siswa
menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
· Secara berkelompok siswa
mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain.
· Siswa
menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
· Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja
kelompok
Mengkomunikasikan
· Siswa
melengkapi teks undangan resmi dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
· Siswa berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi
· Siswa
menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
· Dengan
menggunakan multimedia, siswa membuat kartu undangan
· Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan
struktur teks
· Ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Melakukan role-play (bermain
peran) mengundang secara
resmi
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan undangan secara resmi
Pengamatan (observations
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
· Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi undangan resmi
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau
rekaman monolog.
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks undangan resmi berupa: draft, revisi, editing
sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·
Kumpulan
hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format
khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
3 x 2 JP
|
· Berbagai undangan dalam bahasa Inggris
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.7 Menangkap
makna teks surat pribadi.
4.8 Menyusun
teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Surat pribadi
sederhana
Fungsi Sosial
Menjalin
hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman
secara tertulis
Memberi
informasi kepada teman
Struktur
Date
Salutation: Dear ....
Opening paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan
sekarang dan apa yang sedang dilakukan
Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit
Closing: Menutup surat dengan harapan untuk
bertemu kembali
Signature
Unsur kebahasaan:
·
Kata dan tata
bahasa baku
· Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
· Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
· Rujukan kata
· simple present, simple past, ejaan, ucapan,
intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi
|
Mengamati
· Siswa
memperhatikan berbagai surat pribadi yang digunakan guru dari berbagai sumber
(a.l. media massa, internet).
· Siswa
membacakan contoh-contoh surat pribadi tersebut dengan ucapan, intonasi,
tekanan kata, dengan benar dan lancar.
· Siswa
menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi,
format dan tata letak penulisan.
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi
rinci
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk
mempertanyakan
-
Fungsi Sosial;
-
Struktur
-
Unsur kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi.
·
Siswa
mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan
informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh surat
pribadi yang lain dari berbagai sumber
·
Siswa berdiskusi menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu
·
Siswa menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi surat
pribadi.
Mengasosiasi
·
Siswa menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan
tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan,
efisienci, efektivitasnya.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam
surat pribadi
Komunikasi
·
Siswa melengkapi surat
pribadi sederhana dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat
feedback.
·
Siswa berkreasi dalam menuliskan surat pribadi kepada teman/
guru
·
Siswa memperoleh penguatan dari guru
|
Kriteria penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi sosial dalam menyampaikan surat
pribadi
· Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks surat
· Tingkat
ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian:
Pengamatan
(observasi)
·
Upaya menggunakan Bahasa Inggris dalam
menulis surat pribadi
·
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan surat pribadi, berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·
Kumpulan
hasil tes dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat,
berupa komentar atau cara penilaian lainnya
|
4 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Mengembangkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis,
berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
4.10 Menyunting teks prosedur berbentuk manual dan
kiat-kiat (tips), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)
Tujuan komunikasi :
menyelesaikan pekerjaan,
secara lengkap dan urut.
Struktur
menyebutkan bahan/bagian
dari benda yang dipaparkan secara lengkap, serta daftar langkah yang
dilakukan
Unsur
Kebahasaan
·
simple present tense
·
imperative,
·
Nomor yang menyatakan urutan
·
kata keterangan
·
ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca,
tulisan tangan yang jelas dan rapi.
|
Mengamati
·
Siswa membaca/ membacakan/ mendengarkan
berbagai macam manual dan tip.
·
Siswa
mengamati tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks
prosedur yang membaca, membacakan, menonton, dan mendengarkan
Mempertanyakan
·
Dengan
pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan tujuan komunikasi,
struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur
Mengeksplorasi
·
Siswa berlatih
menggunakan kalimat imperative dalam memberikan tip secara lisan dan tulis
·
Siswa
membacakan manual dan tip kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
·
Secara
individu siswa menyalin beberapa tips
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan beberapa manual dan
tips
· Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas tentang
masalah yang dihadapi pada saat membaca, mendengarkan, dan menuliskan manual dan tips dengan fokus pada tujuan komunikasi,
struktur, dan unsur kebahasaan.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa mempresentasikan
beberapa tips yang disalin dari beberapa sumber
·
Siswa membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks prosedur
·
Ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations) Tujuan untuk memberi balikan. Sasaran penilaian
adalah:
· Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau
rekaman monolog teks prosedur berbentuk manual dan tips
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penyuntingan teks prosedur.
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format
khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
4 x 2
JP
|
· Manual dari berbagai produk
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Mengembangkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya
(Passive Voice)
Fungsi Sosial
menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya
Struktur Teks
Insects are considered dangerous animals.
Tsunami is caused by earthquake affecting
the seabed.
Unsur kebahasaan
·
Kata kerja be
(is/ am/ are/ was/ were) dan verb 3rd form.
·
tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan kejadian/ kegiatan/ tindakan ilmiah yang tanpa perlu melibatkan
pelakunya
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat Passive,
dalam berbagai konteks.
· Siswa mengikuti interaksi tentang tindakan/kegiatan/kejadian
tanpa perlu menyebutkan pelakunya selama proses pembelajaran, dengan
bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan
dan menanyakan struktur Passive
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan kalimat
Passive (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai kalimat Passive yang ada
dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen
(Explore)
a.
Siswa bertanya jawab dengan kalimat Passive
dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi
dan kegiatan lain yang terstruktur.
b.
Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan dalam
bentuk passive dalam bahasa Inggris
dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan kalimat passive yang telah dipelajari dengan kalimat
aktive.
· Siswa membandingkan antara kalimat passive dalam bahasa
Inggris dengan bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Komunikasi
· Siswa bertanya jawab dengan kalimat passive dalam
bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa berkreasi dengan tulisan ilmiah mereka dengan
kalimat passive
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk menyatakan dan menanyakan kalimat passive dalam jurnal
belajarnya.
|
Kriteria
penilaian:
·
Pencapaian fungsi sosial
· Ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
·
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis
teks dalam bentuk passive
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan
Portofolio
· Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau
capaian belajar
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar
atau cara
penilaian
lainnya
|
3 x 2
JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Mengembangkanperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.8 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Conditional Sentence
Fungsi Sosial
Menyatakan
dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Struktur Teks
- If teenagers
eat too much fast food, they can easily become overweight.
-
If you excercise regularly, you will get the benefit
physically and mentally
Unsur Kebahasaan
-
If Clauses
dalam simple present
-
Main Clause
dengan modals can/ will
Topik:
Berbagai
hal terkait dengan mengandaikan keadaan/ kejadian/ peristiwa diwaktu yang
akan datang
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat
pengandaian, dalam berbagai konteks.
· Siswa mengikuti interaksi tentang pengandaian jika
terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang selama proses pembelajaran, dengan
bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan
dan menanyakan pengandaian.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pengandaian yang ada
dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
· Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
· Siswa berusaha menyatakan dan menanyakantentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/
peristiwa di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris selama proses
pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan pengandaian yang telah
dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa membandingkan antara ungkapan pengandaian dalam
bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa
Indonesia.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam
bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa berkreasi dengan imajinasi mereka dalam teks
pengandaian
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan
pengandaian dalam bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam
jurnal belajarnya.
|
Kriteria
penilaian:
·
Pencapaian fungsi sosial
·
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
· Ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis
teks dalam bentuk pengandaian/ If clause
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan
Portofolio
· Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau
capaian belajar
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar
atau cara
penilaian
lainnya.
|
2 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional
3.9 Menganalisis struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks ilmiah
faktual (factual report )
dengan menyatakan dan menanyakan tentang
teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam
dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain
di Kelas XI
4.13 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis,
sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan
sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.
|
Teks ilmiah faktual (factual report) lisan
dan tulis sederhana tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam,
Fungsi sosial
- Mengamati alam
- Menulis paparan
ilmiah mengenai benda,binatang dan gejal/ peristiwa alam
Struktur
-
Klasifikasi Umum tentang
binatang/ benda yang ditulis, e.g.
Slow loris is a mammal. It is found in ... It
is a nocturnal animal. It is very small with ....
- Penggambaran mengenai bagian,
sifat dan tingkah lakunya
Unsur kebahasaan
-
Simple
Present
-
Kata kerja
yang menggambarkan binatang/ benda/ gejala alam
-
Kata sifat
-
Berbagai kata
benda terkait dengan benda/ binatang/ gejala alam yang diamati
-
ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
-
Rujukan kata
|
Mengamati
·
Siswa
menyimak berbagai contoh/ film ilmiah pendek yang disediakan
·
Siswa
mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks ilmiah faktual
·
Siswa berlatih menentukan gagasan utama,
dan informasi rinci dan informasi tertentu
Mempertanyakan
(questioning)
· Dengan pertanyaan pengarah
dari guru, siswa terpancing
untuk mempertanyakan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang digunakan
dalam paparan tersebut.
·
Siswa
mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari teks faktual report.
Mengeksplorasi
Siswa mendengarkan/ membaca/membacakan
teks ilmiah faktual dengan membandingkan berbagai teks report
dengan memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai dengan konteks.
Mengasosiasi
· Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis struktur
dan unsur bahasa yang ada dalam beberapa teks report.
· Siswa mengelompokkan struktur, fungsi sosial dan unsur
kebahasaan teks berdasarkan penggunaannya.
· Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil
analis tentang fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja
kelompok
Komunikasi
·
Siswa menyalin teks report yang
didapatkannya tentang benda, binatang
dan gejala alam atau peristiwa lain yang terkait dengan mata pelajaran lain
dan membacakannya di kelas
·
Siswa menyampaikan laporan berupa catatan (note taking) dari hasil membaca
beberapa teks ilmiah faktual.
·
Membuat learning journal dalam
pembelajaran ini.
·
Pada saat
yang sama, antar siswa melakukan penilaian sejawat, tentang teks report yang
dihasilkan
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks ilmiah faktual
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
· Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks
ilmiah faktual
· Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan kemajuan belajar
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar
atau cara
penilaian
lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format
khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
4 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat
dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14 Menangkap makna dalam teks eksposisi analitis
tentang topik yang hangat dibicarakan umum
|
Teks eksposisi analitis
Fungsi Sosial
Menyatakan
pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a.
Menyebutkan pokok permasalahan terhadap
sesuatu yang hangat dibicarakan
b.
Menyebutkan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut
beserta ilustrasi sebagai pendukung
c.
Diakhiri dengan kesimpulan yang menyatakan
kembali pendapat terhadap hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
- Kalimat Simple Present
- Conditional Clauses
- Modals
|
Mengamati
· Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi analisis yang diberikan/ diperdengarkan guru
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya
· Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci
dan informasi tertentu dari teks eksposisi analitis
Mempertanyakan
(questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai teks eksposisi yang
ada dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci
dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari beberapa text eksposisi analitis dari
berbagai sumber.
·
Siswa
berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·
Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi
analitis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
dengan runtut
·
Siswa membacakan teks eksposisi kepada
teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
· Secara berpasangan
siswa menganalisis beberapa teks eksposisi
dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat laporan berupa catatan hasil membaca dan
mendengarkan
·
Berkelompok, siswa bertukar cerita tentang teks
eksposisi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
·
Siswa mempresentasikannya di kelas
· Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang
pengalaman masing-masing dalam mencari
teks eksposisi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas,
termasuk kendala yang dialami.
· Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks eksposisi analitis
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
· Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks eksposisi analitis
·
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan kemajuan belajar
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar
atau cara
penilaian
lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format
khusus, komentar, atau
bentuk penilaian lain
|
4 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional
3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.15 Menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
|
Teks biografi
pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
Fungsi
Sosial
Meneladani, membanggakan, bertindak teratur, teliti dan disiplin,
melaporkan
Struktur
a. Menyebutkan
tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b. Menyebutkan urutan
tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c. Jika
perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur
Kebahasaan
-
Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme
dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.
-
Simple, Continuous, Perfect tense
-
Penyebutan kata benda
- Modal auxiliary verbs
|
Mengamati
· Siswa menyimak berbagai contoh teks biografi yang diberikan/ diperdengarkan guru secara
santun dan tanggung jawab.
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya
·
Siswa
mengamati keteladanan dari teks biografi yang dipelajari.
· Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci
dan informasi tertentu dari teks legenda
Mempertanyakan
(questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai teks
biografi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan
teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia.
·
Siswa
mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari beberapa text biografi dari berbagai sumber.
·
Siswa
berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
· Siswa melengkapi rumpang
dari beeberapa teks biografi sederhana
·
Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks biografi
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan
runtut
·
Siswa membacakan teksbiografit kepada
teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
· Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks biografi dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menceritakan kembali teks biografi sederhana
tentang keteladanan dari tokoh
terkenal dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
·
Siswa membuat kliping
teks biografi dengan menyalin
dan beberapa sumber.
· Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang
pengalaman masing-masing dalam mencari
teks biografi selama proses
pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
· Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Sasaran penilaian
adalah:
· Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks
biografi
·
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan kemajuan belajar
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar
atau cara
penilaian
lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format
khusus, komentar, atau
bentuk penilaian lain.
|
4 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanaka n komunikasi
fungsional
3.12 Menyebutkan fungsi sosial dan
kebahassaan dalam lagu
4.16 Menangkap
pesan dalam lagu
|
Lagu
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan,
mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
·
Kata,
ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
·
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
·
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan lagu yang diperdengarkan
· Siswa menirukan model secara
terbimbing.
· Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan
kesimpulan dari lagu tersebut
Mempertanyakan
(questioning)
· Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing
untuk mempertanyakan pesan yang disampaikan dari lagu
· Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan
kesimpulan dari lagu tersebut
Mengeksplorasi
·
Siswa melengkapi rumpang pada lagu
tersebut dengan ungkapan yang benar sesuai dengan model yang dipelajari
·
Siswa membacakan teks lagu dengan
pengucapan dan tekanan kata yang tepat
·
Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang
didengar
Mengasosiasi
· Secara individu siswa
membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
·
Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema
perdamaian dengan menyalin
· Siswa mengaitkan syair lagu dengan ungkapan yang sudah
dipelajari
Mengkomunikasikan
·
Siswa
mendemonstrasikan kemahiran mereka menyanyikan lagu tersebut dengan
pengucapan dan tekanan kata yang benar.
·
Siswa melaporkan
kumpulan lagu yang sudah dianalis pesan di dalam lugu-lagu tersebut
· Antar siswa melakukan
penilaian terhadap kumpulan lagu yang dibuat.
|
Pengamatan (observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
· kesantunan saat melakukan tindakan
· Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta
damai
·
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
· Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan
penyalinan lirik lagu
Portofolio
· Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan lagu yang
disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu
· kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan
· penilaian sejawat, berupa komentar
atau cara
penilaian
lainnya
|
2 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/Majalah berbahasa Inggris
· Buku lagu bahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
No comments:
Post a Comment