RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SMK 1 Buntok
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XI / 1
Materi Pokok : Expressing Intentions to do something
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit ( 3 TM )
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan
memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
INDIKATOR
KOMPTENSI DASAR 3.1
·
Students are able to identify what is offer
·
Students are able to identify what is suggestion
·
Students are able to differentiate between offer and
suggestion
·
Students are able to explain the usage of offer
·
Students are able to explain the usage of suggestion
INDIKTOR
KOMPETENSI DASAR 4.1
·
Students are
able to offer based on context properly
·
Students are
able to respond to an offer properly
·
Students are
able to give suggestion based on context properly
·
Students are
able to respond suggestion properly
·
Students are
able write offering expression correctly
·
Students are able to write suggestion correctly
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
pembelajaran ini disampaikan oleh Guru, siswa diharapkan:
Siswa
terampil menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang saran dan
tawaran dalam teks ;lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi
sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan menunjukkan prilaku
jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab.
E.
MATERI AJAR
Teks lisan dan tulis
untuk memberi saran dan tawaran dan responnya
Fungsi Sosial
· Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
· Terbiasa
menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran dan meresponnya
Ungkapan
Saran dan tawaran:
Why don’t you…
What about …?
You should …
You can ….
Do you need ….?
Unsur kebahasaan
(1) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(2) Rujukan
kata
(3) Topik
(4) Keteladanan
tentang perilaku peduli, kerjasama, dan proaktif
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode Pembelajaran : Diskusi dan
Presentasi
2.
Model Pembelajaran :
Pendekatan Sciencetific
G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Siswa menjawab salam dari guru mencerminkan
sikap religius dan saling menghormati dan menghargai
· Guru
mengecek kerapihan siswa dan kebersihan kelas dan menekankan pentingnya
kerapihandan kebersihan karena cermin dari kedisiplinan
· Siswa
berdoa bersama sebelum KBM sebagai wujud sikap religius
|
|
PERTEMUAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
KEGIATAN
INTI
|
· Siswa
menampilkan yel-yel atau menyanyikan lagu wajib untuk membangun semangat
belajar
· Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang KD dan tujuan pembelajaran serta
manfaat dari pembelajaran
Pre-Reading Activity
Personal Connection:
Menuliskan 3 keinginan seandainya bertemu dan diberi
kesempatan oleh peri atau jin untuk menyampaikan genre connection. Mengenal
folklore atau penulis folklore terkenal.
Reading Activity
Reading : Membaca cerita
Enchanted Fish dengan menggunakan strategi
questioning dan visualizing.
Post-reading Activity
Discussion: Mendiskusikan hal- hal yang terkait
dengan cerita dengan berpedoman pada daftar pertanyaan yang diberikan.
Journal writing: Menuliskan tentang hal yang
berkaitan
dengan sikap selalu bersyukur.
Building Blocks
Mempelajari tentang “offer”dan “suggestion” serta
penggunaannya dalam komunikasi sehari-hari.
Active Conversation
Membuat suatu percakapan berdasarkan situasi yang
diberikan yang berkaitan dengan “offer” and
“suggestion” yang sedang dipelajari
Writing
Menulis folklore (dongeng) semasa kecil using
offer and suggestion
Create and Contribute
Siswa memilih salah satu dari kegiatan berikut:
a. Membuat poster berisi ajakan untuk membangun
lingkungan berbahasa Inggris
b. Membuat poster berisi saran untuk membangun
lingkungan berbahasa
c. Membuat
dan menampilkan pantomim berdasarkan cerita yang dipelajari
d. Membuat
postcard
Parent’s Connection
Meminta ayah/ ibu atau kakek/nenek menceritakan
dongeng dalam bahasa Indonesia, lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
|
|
PENUTUP
|
· Guru menanyakan pendapat peserta didik
tentang proses belajar yang dilakukan ( merefleksi kegiatan). Apakah ada
masukan, perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
· Siswa
menyimak arahan tentang tindak lanjut dari materi yang telah dipelajari
· Siswa
ditugaskan untuk mempersiapkan materi dan bahan-bahan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya
· Guru
menutup KBM dengan mengucapkan terimakasih atas partisipasi siswa dalam
pembelajaran dan salam penutup.
|
|
H. MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :
video
2. Alat :
Laptop, loudspeaker, papan tulis, LCD
3. Sumber Pembelajaran : Kurikulum 2013, Audio CD/VCD/DVD, majalah
berbahasa Inggris
I. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Jenis/Teknik
Penilaian
- tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama
pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.
-
Sikap
Observasi, penilaian diri, teman sejawat
Jurnal
di dalam dan luar kelas berupa catatan
-
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan tes
tertulis/lisan.
-
Ketrampilan
Unjuk
kerja : melakukan percakapan, menulis dongeng
Buntok, 12 Agustus 2014
Mengetahui
Kepala
SMKN 1 Buntok Guru
Mata Pelajaran
BETHESDA
TANDA, S.Pd EEMTISNAYATY,
S.Pd
NIP. 19620321 198412 2 008 NIP.
19790509 200501 2 019
LAMPIRAN
PENILAIAN
Rubrik Percakapan
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Pelafalan
(Pronouncing)
|
Lafal dapat
difahami
meskipun
dengan aksen
tertentu
|
Ada masalah
dalam
pengucapan
sehingga
membuat
pendengar harus
sangat fokus dan
kadang-kadang
menimbulkan
kesalahfahaman
|
Sulit dimengerti
karena ada
masalah dalam
pelafalan dan
frekuensinya
sering.
|
Hampir selalu
kelur dalam
pelafalan
sehingga tidak
dapat dimengerti
|
Tata Bahasa
(Grammar)
|
Hampir tidak
ada kekeliruan
tata bahasa
|
Terjadi beberapa
kekeliruan
tata bahasa
namun tidak
berpengaruh
terhadap arti
|
Banyak terjadi
kekeliruan tata
bahasa yang
mempengaruhi
arti dan sering
kali harus
menyusun
ulang kalimat
percakapan
|
Tata bahasa
sangat buruk
sehingga
percakapan
sangat sulit
difahami
|
Kosakata
(Vocabulary)
|
Kadang-kadang
pelafalan
tidak tepat dan
mengharuskan
penjelasan lebih
lanjut karena
kosakata yang
tidak sesuai
|
Sering
menggunakan
kosakata yang
tidak tepat
sehingga
dialognya
menjadi terbatas
karena kosakata
yang terbatas.
|
Menggunakan
kosakata yang
salah sehingga
tidak dapat
difahami.
|
Kosakata
sangat terbatas
sehingga tidak
memungkinkan
terjadinya dialog
|
Kelancaran
(Fluency)
|
Kelancaran
(Fluency)
Dialog lancar,
sangat sedikit
menemui
kesulitan
|
Tidak terlalu
lancar karena
menemui
kesulitan bahasa
|
Sering ragu dan
berhenti karena
keterbatasan
bahasa
|
Sering berhenti
dan diam selama
dialog sehingga
dailog tidak
tercipta
|
Comprehension
|
Seluruh isi
percakapan
dapat difahami
meskipun
sesekali ada
pengulangan
pada bagianbagian
tertentu
|
Sebagian besar
Isi percakapan
dapat dimengerti
meskipun
ada beberapa
pengulangan
|
Sulit untuk
mengikuti
dialog yang
dilakukan
kecuali pada
bagian dialog
umum dengan
percakapan yang
perlahan-lahan
dan banyak
pengulangan.
|
Tidak dapat
difahami
bahkan dalam
bentuk dialog
yang singkat
sekalipun
|
Cara Penilaian Percakapan:
No
|
Nama siswa
|
Skor perolehan
|
|
||||
Kriteria
ke-1
|
Kriteria
ke-2
|
Kriteria
ke-3
|
Kriteria
ke-4
|
Jumlah skor perolehan
|
|||
1
|
Anto
|
4
|
3
|
3
|
2
|
12
|
|
2
|
Budi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
|
Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswa

Skor maksimal/ideal
Keterangan:
Jumlah skor yang
diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1
sampai dengan ke-5
Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor
tertinggi (4) dengan
jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 5 kriteria). Jadi
skor maksimal/
ideal= 4x5 = 20
Sehingga perhitungan nilai akhir siswa adalah :
Anto: 12 x 100 = 60 2. Budi: 12 x 100 = 60


Rubrik Penilaian
Menulis
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Ide Penulisan
|
Ide yang
dipilih orisinal,
Ide sangat
sesuai dengan
genre yang
dipilih, ide
dikembangkan
dengan tepat
dan terarah,
|
Hanya
memenuhi 3
dari 4 ketentuan
yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2
dari 4 ketentuan
yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1
atau bahkan
tidak memenuhi
sama sekali
4 ketentuan
yang telah
ditetapkan.
|
Organisasi/
Struktur Teks dan isi
|
Teks sesuai
dengan genre
yang dipilih,
ketentuan dan
ciri-ciri genre
yang dipilih
diikuti dengan
sempurna, ide
penulisan dan
informasi yang
disajikan sangat
relevan, isi teks
sangat mudah
dipahami.
|
Hanya
memenuhi 3
dari 4 ketentuan
yang
ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2
dari 4 ketentuan
yang
ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1
atau bahkan
tidak memnuhi
semua kriteria
yang
ditetapkan
|
Tata Bahasa
|
Tidak ada
kesalahan tata
bahasa yang
signifikan,
makna dan
isi teks dapat
dipahami
dengan jelas
|
Ada beberapa
kesalahan tata
bahasa namun
tidak terlalu
berpengaruh
terhadap makna
kalimat dan isi
teks
|
Sering
ditemukan
kesalahan tata
bahasa, namun
makna dan
isi teks masih
dapat dipahami
|
Banyak sekali
kesalahan
tata bahasa
sehingga makna
dan isi teks
sulit dipahami
|
Perbendaharaan
Kata
|
Kalimat-kalimat
yang
digunakan
sangat efektif,
menggunakan
variasi lexical
dengan benar,
menguasai
bentuk kata
dan idiom
dengan benar
dan efektif,
istilah-istilah
digunakan
dengan benar
|
Hanya
memenuhi 3
dari 4 ketentuan
yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2
dari 4 ketentuan
yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1
atau bahkan
tidak memnuhi
semua kriteria
yang ditetapkan
|
Cara Penilaian Penulisan :
No
|
Nama siswa
|
Skor perolehan
|
|
||||
Kriteria
ke-1
|
Kriteria
ke-2
|
Kriteria
ke-3
|
Kriteria
ke-4
|
Jumlah skor perolehan
|
|||
1
|
Anto
|
4
|
3
|
3
|
2
|
12
|
|
2
|
Budi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
|
Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswa

Skor maksimal/ideal
Keterangan:
Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh
siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan
jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/
ideal= 4x4 = 16
Sehingga perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1. Anto : 12 x 100 = 75

2. Budi: 14 x 100 = 87,5

Rubrik Penilaian Proyek
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Orisinalitas ide
|
Ide ditentukan sendiri dengan mandiri
|
Ide dirumuskan
dengan adanya
masukan dari
guru atau pihak
lain.
|
Ide dirumuskan
dengan bantuan
guru atau pihak
lain
|
Ide diberikan
oleh guru atau
pihak lain.
|
Kreativitas
|
Kreatifitas
dalam membuat
proyek sangat
menonjol
dengan adanya
komposisi
warna, garis,
bentuk, dan
ornamenornamen
yang
menarik dan
variatif, tanpa
mengganggu
isi dan tujuan
pembuatan
proyek
|
Kreatifitas
cukup dengan
adanya variasi
warna, garis,
dan bentuk,
namun tampilan
kurang menarik,
sedangkan
isi dan tujuan
proyek sudah
sesuai dengan
ketentuan yang
ditetapkan
|
Kreatifitas
kurang sehingga
tampilan kurang
menarik, isi
dan tujuan
proyek masih
sesuai dengan
ketentuan yang
ditetapkan
|
Baik kreatifitas
maupun isi dan
tujuan proyek
tidak sesuai
dengan yang
telah ditetapkan
|
Waktu
penyelesaian
proyek
|
Proyek
diselesaikan
sesuai dengan
target waktu
yang diberikan
|
Proyek
diselesaikan
dengan sedikit
tambahan waktu,
namun tidak
melebihi hari
yang ditetapkan
|
Proyek
diselesaikan
dengan
tambahan waktu
maksimum 1
hari
|
Proyek tidak
selesai meskipun
sudah diberikan
tambahan waktu
1 hari
|
Kesesuaian
proyek dengan
permintaan
tugas
|
Proyek
memenuhi
semua ketentuan
yang ditetapkan
|
Ada sebagian
kecil ketentuan
tidak terpenuhi
|
Sebagian besar
ketentuan tidak
terpenuhi
|
Proyek tidak
sesuai dengan
ketentuan sama
sekali.
|
Cara Penilaian Proyek :
No
|
Nama siswa
|
Skor perolehan
|
|
||||
Kriteria
ke-1
|
Kriteria
ke-2
|
Kriteria
ke-3
|
Kriteria
ke-4
|
Jumlah skor perolehan
|
|||
1
|
Kelompok 1
|
4
|
3
|
3
|
2
|
12
|
|
2
|
Kelompok
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
|
Rumus perhitungan nilai kelompok, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh kelompok

Skor maksimal/ideal
Keterangan:
Jumlah skor yang diperoleh kelompok adalah jumlah skor yang diperoleh siswa
dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah
kriteria yang ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/ ideal = 4x4 = 16
Sehingga perhitungan nilai akhir kelompok adalah :
Kelompok 1: 12 x 100 = 60 Kelompok 2: 12 x 100 = 60
16 16
Nilai kelompok secara otomatis akan menjadi nilai anggotanya.
Penilaian Sikap Melalui Observasi
Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Membaca
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1
|
Ketertiban selama kegiatan
|
|
|
2
|
Keseriusan selama
kegiatan
|
|
|
3
|
Tanggung jawab dalam
melaksanakan tugas
|
|
|
Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Diskusi
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
2
|
Rasa percaya diri dalam mengemukakan
pendapa
|
|
|
3
|
Saling menghormati dan menghargai
|
|
|
4
|
Tanggung jawab dalam
menyelesaikan tugas
|
|
|
Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Kerja Kelompok
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1
|
Kerja sama
|
|
|
2
|
Ketertiban
|
|
|
3
|
Tanggung jawab
|
|
|
4
|
Kepedulian
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SMK 1 Buntok
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XI / 1
Materi Pokok : Expressing to give opinion
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit ( 3 TM )
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasaInggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.4 Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri,dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.6 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli,kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
3.12 Menganalisis fungsisosial, struktur teks,dan unsur kebahasaanuntuk
menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks
penggunaannya
pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.17 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
BAB
C. INDIKATOR
PEMBELAJARAN
INDIKATOR KOMPETENSI DASAR 3.2
• Students are able to identify opinion.
• Students are able to explain the function of an opinion properly.
INDIKATOR KOMPETENSI DASAR 4.2
• Students are able to ask for other's opinion properly.
• Students are able to give opinion properly.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
pembelajaran ini disampaikan oleh Guru, siswa diharapkan:
Siswa
terampil menggunakan ungkapan menyatakan opini dengan santun dan merespon opini
dengan baik secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi
sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan menunjukkan prilaku
jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab.
E.
MATERI AJAR
Teks lisan dan tulis
untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Fungsi Sosial
· Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang
lain
Ungkapan menyatakan pendapat/pikiran
I
think …
I
suppose...
In my opinion …
Unsur Kebahasaan
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode Pembelajaran : Diskusi dan
Presentasi
2.
Model Pembelajaran : Pendekatan
Sciencetific
G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Siswa menjawab salam dari guru mencerminkan
sikap religius dan saling menghormati dan menghargai
· Guru
mengecek kerapihan siswa dan kebersihan kelas dan menekankan pentingnya
kerapihandan kebersihan karena cermin dari kedisiplinan
· Siswa
berdoa bersama sebelum KBM sebagai wujud sikap religius
|
|
KEGIATAN
INTI
|
· Siswa
menampilkan yel-yel atau menyanyikan lagu wajib untuk membangun semangat
belajar
· Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang KD dan tujuan pembelajaran serta
manfaat dari pembelajaran
Pre-Reading Activity
Personal Connection :
Menyampaikan pendapat dan pengalaman tentang peristiwa
bullying
Genre Connection :Mengenal artikel berisi opini penulis terhadap
peristiwa bullying
Reading Activity
Reading: Membaca
artikel berjudul Bullying: A cancer that must be eradicated
Post-reading Activity
Discussion: Mendiskusikan halhal yang terkait dengan isi teks berdasarkan daftar
pertanyaan
yang diberikan.
Personal Journal writing:
Menuliskan perasaan jika menjadi korban bullying
dan apa yang dilakukan jika mengalami hal tersebut
Building Blocks
-- Membedakan opini dan fakta
-- Cara menyampaikan opini
-- Respon terhadap opini
Let’s Practice
-- Berlatih menulis opini dengan tepat
-- Menyampaikan dan merespon opini dengan santun
Active Conversation
Melengkapi dan mempraktikkan percakapan
transaksional sesuai topik yang ditentukan
Writing
-- Menulis opini tentang issu yang diberikan dan
menyampaikannya di depan teman-teman.
Create and Contribute
Memilih salah satu dari kegiatan berikut ini:
1. Membuat poster tentang kumpulan opini terhadap salah
satu isu sosial.
2. Membuat percakapan yang berisi opini
3. Memilih satu artikel opini,
lalu mengindentifikasi mana informasi yang berupa
fakta dan mana yang berupa pendapat
4. Melakukan debat tentang topik yang sudah ditentukan
Parent’s Connection
Meminta pendapat orangtua tentang suatu berita yang
sedang hangat dibicarakan di media.
|
|
PENUTUP
|
· Guru menanyakan pendapat peserta didik
tentang proses belajar yang dilakukan ( merefleksi kegiatan). Apakah ada
masukan, perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
· Siswa
menyimak arahan tentang tindak lanjut dari materi yang telah dipelajari
· Siswa
ditugaskan untuk mempersiapkan materi dan bahan-bahan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya
· Guru
menutup KBM dengan mengucapkan terimakasih atas partisipasi siswa dalam
pembelajaran dan salam penutup.
|
|
H. MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :
video
2. Alat :
Laptop, loudspeaker, papan tulis, LCD
3. Sumber
Pembelajaran : Kurikulum 2013, Audio
CD/VCD/DVD, majalah berbahasa Inggris
I. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Jenis/Teknik
Penilaian
Tertulis:
-- Latihan soal pada bagian Let’s Practice
-- Summative Assessment
Unjuk Kerja:
-- Melakukan percakapan
-- Menulis opini
-- Membuat proyek pembuatan poster
Penilaian sikap melalui observasi
-- Sikap saat kegiatan membaca
-- Sikap saat kegiatan diskusi
-- Sikap saat
kegiatan kerja kelompok
Buntok, 12 Agustus 2014
Mengetahui
Kepala
SMKN 1 Buntok Guru
Mata Pelajaran
BETHESDA
TANDA, S.Pd EEMTISNAYATY,
S.Pd
NIP. 19620321
198412 2 008 NIP.
19790509 200501 2 019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SMK 1 Buntok
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XI / 1
Materi Pokok : Hopes and Dreams
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit ( 3 TM )
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasaInggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilakutanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakankomunikasi fungsional.
3.3. Menganalisis fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan harapan dan doa bersayap(extended), serta responnya,sesuai dengan
konteks
4.3. Menyusun
teks lisan dantulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan
harapan
dan doa bersayap(extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
cAB
C. INDIKATOR
PEMBELAJARAN
INDIKATOR KOMPETENSI DASAR 3.3
• Students are able to identify hopes/dreams in context .
• Students are able to explain how to express hopes/dreams
properly.
INDIKATOR KOMPETENSI DASAR 4.3
• Students are able to talk about their hopes/dreams for the future.
• Students are able to write about their hopes/dreams for the
future correctly.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran
ini disampaikan oleh Guru, siswa diharapkan:
Siswa
terampil menggunakan ungkapan menyatakan harapan secara lisan dan tulis sesuai
konteks dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan menunjukkan prilaku jujur, disiplin, percaya diri dan
bertanggung jawab.
E. MATERI AJAR
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan harapan dan doa serta responnya
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru,
teman, dan orang lain
Ungkapan:
harapan dan doa
- I hope …
-
I wish you all the best. Thank you.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata,
intonasi
F.
METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode Pembelajaran : Diskusi dan
Presentasi
2.
Model Pembelajaran : Pendekatan
Sciencetific
G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Siswa menjawab salam dari guru mencerminkan
sikap religius dan saling menghormati dan menghargai
· Guru
mengecek kerapihan siswa dan kebersihan kelas dan menekankan pentingnya
kerapihandan kebersihan karena cermin dari kedisiplinan
· Siswa
berdoa bersama sebelum KBM sebagai wujud sikap religius
|
|
KEGIATAN
INTI
|
· Siswa
menampilkan yel-yel atau menyanyikan lagu wajib untuk membangun semangat
belajar
· Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang KD dan tujuan pembelajaran serta
manfaat dari pembelajaran
Pre-Reading Activity
Personal Connection: Menulis dan menyampaikan harapan dan cita-cita.
Genre Connection : Mengenal cara menyampaikan harapan dan cita-cita
dengan benar
Reading Activity
Reading : Membaca pidato presiden Sukarno pada acara pembukaan konfrensi
Asia-Afrika
Post-reading Activity
Discussion: Mendiskusikan halhal yang terkait dengan cerita berdasarkan daftar
pertanyaan yang diberikan.
Personal Journal writing:
Menuliskan alasan pentingnya memiliki harapan dan
cita-cita dan apa yang terjadi jika tidak memiliki harapan dan cita-cita.
Building Blocks
Mempelajarai cara membuat kalimat dan menyampaikan ungkapan
harapan dan ucapan selamat dengan benar.
Let’s Practice
Berlatih menulis harapan dan
merespon ucapan selamat/
apresiasi yang diberikan
oranglain dengan benar.
Active Conversation
Mewawancarai teman mengenai harapan dan cita-cita yang
ingin dicapai untuk dirinya dan untuk memperbaiki dunia.
Writing
Menulis pidato mengenai harapan dan cita-cita yang
akan disampaikan saat upacara awal tahun
Writing
-Menulis opini tentang issu yang diberikan dan
menyampaikannya di depan teman-teman.
Create and Contribute
Memilih salah satu dari kegiatan berikut ini:
1. Membuat poster tentang kumpulan opini terhadap
salah satu isu sosial.
2. Membuat percakapan yang berisi opini
3. Memilih satu artikel opini,
lalu mengindentifikasi mana informasi yang berupa
fakta dan mana yang berupa pendapat
4. Melakukan debat tentang topik yang sudah
ditentukan
Parent’s Connection
Mewawancarai ayah/ ibu tentang harapan dan
cita-citanya untuk anak(siswa yang bersangkutan) dan negara Indonesia dalam
bahasaIndonesia, lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
|
|
PENUTUP
|
· Guru menanyakan pendapat peserta didik
tentang proses belajar yang dilakukan ( merefleksi kegiatan). Apakah ada
masukan, perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
· Siswa
menyimak arahan tentang tindak lanjut dari materi yang telah dipelajari
· Siswa
ditugaskan untuk mempersiapkan materi dan bahan-bahan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya
· Guru
menutup KBM dengan mengucapkan terimakasih atas partisipasi siswa dalam
pembelajaran dan salam penutup.
|
|
H. MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :
video
2. Alat :
Laptop, loudspeaker, papan tulis, LCD
3. Sumber Pembelajaran : Kurikulum 2013, Audio CD/VCD/DVD, majalah
berbahasa Inggris
I. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Tertulis:
-- Latihan soal pada bagian Let’s Practice
-- Summative assessment
Unjuk Kerja:
-- Menulis pidato yang berisi ungkapan harapan dan cita-cita.
-- Membuat poster dan mempresentasikannya.
Penilaian sikap melalui observasi
-- Sikap selama kegiatan membaca
-- Sikap selama kegiatan diskusi
-- Sikap selama
kegiatan kerja kelompok
Buntok, 12 Agustus 2014
Mengetahui
Kepala
SMKN 1 Buntok Guru
Mata Pelajaran
BETHESDA
TANDA, S.Pd EEMTISNAYATY,
S.Pd
NIP. 19620321 198412 2 008 NIP.
19790509 200501 2 019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SMK 1 Buntok
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XI / 1
Materi Pokok : Invitation
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit ( 3 TM )
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal
dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri,dan bertanggung jawab
dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli,kerjasama, dan cinta damai,
dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
4.4 Menangkap makna teks undangan resmi.
4.5 Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
BAB
C. INDIKATOR
PEMBELAJARAN
INDIKATOR KOMPETENSI DASAR 3.4
• Students are able to identify the characteristics of a formal invitation.
• Students are able to identify the text structure of a formal invitation.
• Students are able to explain the usage of a formal invitation correctly.
INDIKATOR KOMPETENSI DASAR 4.4, 4.5, 4.6
• Students are able to tell the information that they get from a formal
invitation.
• Students are able to edit and revise a formal invitation given based on
context and stucture form.
• Students are able to write formal invitations in proper format and using
propewr etiquette.
• Students are able to write formal invitations based on the prompts given.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
pembelajaran ini disampaikan oleh Guru, siswa diharapkan:
Siswa
terampil membuat undangan secara tertulis
sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan menunjukkan prilaku jujur, disiplin, percaya diri dan
bertanggung jawab.
E. MATERI AJAR
Teks khusus, lisan
dan tulis, berbentuk undangan resmi sederhana
Fungsi Sosial
Menjaga hubungan transaksional dengan orang lain
Struktur
Salutation
- Will/ Couid you come
with me to the exhibition?
- Is it possible for you to attend my
birthday partyr?
Closing
Unsur kebahasaan:
(1) Kata
dan tata bahasa baku
(2) Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ketika mempresentasikan secara lisan
(4) Layout
(5)
Rujukan kata
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode Pembelajaran : Diskusi dan
Presentasi
2.
Model Pembelajaran : Pendekatan
Sciencetific
G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Siswa menjawab salam dari guru mencerminkan
sikap religius dan saling menghormati dan menghargai
· Guru
mengecek kerapihan siswa dan kebersihan kelas dan menekankan pentingnya
kerapihandan kebersihan karena cermin dari kedisiplinan
· Siswa
berdoa bersama sebelum KBM sebagai wujud sikap religius
|
|
KEGIATAN
INTI
|
· Siswa
menampilkan yel-yel atau menyanyikan lagu wajib untuk membangun semangat
belajar
· Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang KD dan tujuan pembelajaran serta
manfaat dari pembelajaran
Pre-Reading Activity
Personal Connection: menulis dan menceritakan apa yang akan dilakukan
apabila ketika kehilangan barang pinjaman
Genre Connection: mengenal naskah drama teatrikal dan pertunjukan
teater yang terkenal di dunia
Reading Activity
Reading: Membaca
naskah drama Vanity and Pride
Post-reading Activity
Discussion: Mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan cerita drama yang dipelajari
dengan berpedoman pada daftar pertanyaan diskusi yang
diberikan.
Personal Journal Writing:
Menuliskan dan menceritakan
Building Blocks
Mempelajari tentang undangan resmi dan undangan
tidak resmi serta penggunaannya dalam interaksi sehari-hari.
Let’s Practice
Berlatih menganalisis teks undangan dan membuat
undangan resmi dan tidak resmi
Active Conversation
Membuat dialog drama singkat untuk menerima dan atau
menolak undangan
Writing
Menulis lanjutan cerita drama Vanity and Pride
menurut versi sendiri
Create and Contribute
Siswa memilih salah satu darikegiatan berikut:
a. Membuat undangan resmi yang ditujukan kepada
kepala sekolah untuk hadir pada acara kelulusan
b. Membuat undangan resmi yang ditujukan kepada
kepala kantor pendidikan setempat untuk menghadiri
acara pembukaan laboratorium IPA yang baru di sekolah
c. Membuat desain kartu undangan resmi
d. Membuat diorama berdasarkan cerita yang
dipelajari
Parent’s Connection
Menanyakan kepada orang tua tentang bagaimana
undangan-undangan pada jaman mereka remaja dan membandingkannya
|
|
PENUTUP
|
· Guru menanyakan pendapat peserta didik
tentang proses belajar yang dilakukan ( merefleksi kegiatan). Apakah ada
masukan, perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
· Siswa
menyimak arahan tentang tindak lanjut dari materi yang telah dipelajari
· Siswa
ditugaskan untuk mempersiapkan materi dan bahan-bahan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya
· Guru
menutup KBM dengan mengucapkan terimakasih atas partisipasi siswa dalam
pembelajaran dan salam penutup.
|
|
H. MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :
video
2. Alat :
Laptop, loudspeaker, papan tulis, LCD
3. Sumber Pembelajaran : Kurikulum 2013, Audio CD/VCD/DVD, majalah
berbahasa Inggris
I. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Tertulis:
--
Latihan soal pada bagian Let’s Practice
--
Summative assessment
Unjuk Kerja:
--
Melakukan percakapan yang memuat ungkapan undangan.
--
Menulis babak akhir dari cerita drama Vanity and Pride menurut
versi
sendiri
Penilaian sikap melalui observasi
-- Sikap
selama kegiatan membaca
-- Sikap
selama kegiatan diskusi
-- Sikap selama kegiatan kerja kelompok
Buntok, 12 Agustus 2014
Mengetahui
Kepala
SMKN 1 Buntok Guru
Mata Pelajaran
BETHESDA
TANDA, S.Pd EEMTISNAYATY,
S.Pd
NIP. 19620321 198412 2 008 NIP.
19790509 200501 2 019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SMK 1 Buntok
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XI / 1
Materi Pokok : Personal Letter
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit ( 3 TM )
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri,dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli,kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
3.5. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks surat pribadi, sesuai dengan konteks
4.7. Menangkap makna teks surat pribadi
4.8. Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.B
AB
C. INDIKATOR
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR 3.5
•
Students are able to identify the characteristics of a personal letter .
•
Students are able to explain the usage of a personal letter.
INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR 4.7 & 4.8
•
Students are able to tell the information that they get from a personal letter
given
•
Students are able to write personal letter to variety audiences properly.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
pembelajaran ini disampaikan oleh Guru, siswa diharapkan:
Siswa
terampil membuat surat pribadi secara
tertulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan menunjukkan prilaku jujur, disiplin, percaya
diri dan bertanggung jawab.
E. MATERI AJAR
Surat pribadi
sederhana
Fungsi Sosial
Menjalin hubungan
dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman secara tertulis
Memberi
informasi kepada teman
Struktur
Date
Salutation:
Dear ....
Opening
paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan sekarang dan apa yang sedang
dilakukan
Content:
Mengabarkan
hal yang sudah/ akan terjadit
Closing: Menutup surat
dengan harapan untuk bertemu kembali
Signature
Unsur kebahasaan:
·
Kata dan tata bahasa baku
·
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
·
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
·
Rujukan kata
·
simple present, simple past, ejaan, ucapan,
intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi
|
teks
prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)
Tujuan
komunikasi :
menyelesaikan pekerjaan, secara lengkap dan
urut.
Struktur
menyebutkan bahan/bagian dari benda yang
dipaparkan secara lengkap, serta daftar langkah yang dilakukan
Unsur
Kebahasaan
· simple present tense
· imperative,
· Nomor yang menyatakan urutan
·
kata keterangan
·
ejaan, ucapan, intonasi,
tekanan kata, tanda baca, tulisan tangan yang jelas dan rapi.
|
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode Pembelajaran : Diskusi dan
Presentasi
2.
Model Pembelajaran : Pendekatan
Sciencetific
G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Siswa menjawab salam dari guru mencerminkan
sikap religius dan saling menghormati dan menghargai
· Guru
mengecek kerapihan siswa dan kebersihan kelas dan menekankan pentingnya
kerapihandan kebersihan karena cermin dari kedisiplinan
· Siswa
berdoa bersama sebelum KBM sebagai wujud sikap religius
|
|
KEGIATAN
INTI
|
· Siswa
menampilkan yel-yel atau menyanyikan lagu wajib untuk membangun semangat
belajar
· Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang KD dan tujuan pembelajaran serta manfaat
dari pembelajaran
Pre-Reading Activity
Genre Connection : Mengenal
bentuk surat pribadi
Personal Connection:
Menulis pengalaman untuk menggambarkan perasaan dan situasi
berserah diri kepada Tuhan saat menghadapi masalah Besar
Reading Activity
Reading: Membaca
teks tentang Letter to the God
Post-reading Activity
Discussion: Mendiskusikan teks yang dibaca berdasarkan pemahaman dan daftar
pertanyaan terkait teks.
Personal Journal Writing:
Menulis perasaan dan tindakan yang akan dilakukan
dalam merespon suatu situasi.
Building Blocks
Mengenal bagian-bagian dan cara menulis surat
pribadi dengan benar.
Let’s Practice
Berlatih menulis surat pribadi sesuai aturan dan
santun.
Active Conversation
Melengkapi dan mempraktikkan naskah drama
Writing
Menulis surat pribadi
Create and Contribute
Memilih salah satu dari kegiatan berikut:
a.Membuat gambar untuk bagian paling
penting dari cerita yang dipelajari
b.Membuat cerita bergambar/ komik berdasarkan
cerita yang dibaca
c.Menulis surat berupa ungkapan terima
kasih kepada orang tua
d. Membuat desain perangko dan kertas surat
e. Membuat drama komedi singkat berdasarkan
cerita“Letter to God”
Parent’s Connection
Meminta orangtua atau nenek dan kakek bercerita
bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan orang yang tinggal berjauhan saat
remaja
|
|
PENUTUP
|
· Guru menanyakan pendapat peserta didik
tentang proses belajar yang dilakukan ( merefleksi kegiatan). Apakah ada
masukan, perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
· Siswa
menyimak arahan tentang tindak lanjut dari materi yang telah dipelajari
· Siswa
ditugaskan untuk mempersiapkan materi dan bahan-bahan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya
· Guru
menutup KBM dengan mengucapkan terimakasih atas partisipasi siswa dalam
pembelajaran dan salam penutup.
|
|
H. MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :
video
2. Alat :
Laptop, loudspeaker, papan tulis, LCD
3. Sumber Pembelajaran : Kurikulum 2013, Audio CD/VCD/DVD, majalah
berbahasa Inggris
I. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Tertulis:
-- Latihan soal pada bagian Let’s Practice
-- Summative assessment
Unjuk Kerja:
-- Melakukan percakapan dari hasil melengkapi dialog drama
-- Menulis surat pribadi
-- Membuat proyek membuat ilustrasi cerita/membuat komik
Penilaian sikap melalui observasi
-- Penilaian sikap saat kegiatan membaca
-- Penilaian sikap saat diskusi
-- Penilaian sikap saat kerja kelompok
Buntok, 12 Agustus 2014
Mengetahui
Kepala
SMKN 1 Buntok Guru
Mata Pelajaran
BETHESDA
TANDA, S.Pd EEMTISNAYATY,
S.Pd
NIP. 19620321 198412 2 008 NIP. 19790509 200501 2 019
Sand Creek Casino & Resort
ReplyDeleteSand Creek Casino & Resort is a 샌즈카지노 casino hotel in Plains, Oklahoma and is open daily 24 hours. The casino's 160000 square 인카지노 foot gaming space features Hours of operation: 24 hours 바카라 사이트